JOB DESCRIPTION & PROGRAM KERJA KHUSUS
DKM AL-HIJRAH
PERIODE 2022 – 2025
KETUA DKM
Tugas Kerja:
1. Pengemban amanah organisasi Pengurus Yayasan Al Hijrah. Bertanggung jawab atas terlaksananya seluruh amanah yang ditetapkan dalam Musyawarah Dewan Yayasan .
2. Memberikan masukan, arahan dan saran kepada Koordinator Bidang DKM agar roda organisasi dan program kerja bisa berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan
3. Memimpin dan mengendalikan kegiatan rutin organisasi secara umum.
4. Memimpin Rapat Umum pengurus.
5. Memimpin dan mewakili DKM dalam kegiatan ekstern.
6. Mengkoordinir, memotivasi, mengevaluasi, mengarahkan dan membimbing seluruh kegiatan bidang dalam melaksanakan amanah organisasi.
7. Pengambil keputusan atas semua permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan tugas yang dijalankan Pengurus.
8. Menyelengarakan dan memimpin Musyawarah Kerja untuk membahas dan menjabarkan program kerja sesuai dengan kebutuhan.
9. Mempertanggungjawabkan kepengurusan organisasi dalam Musyawarah Jama'ah.
SEKRETARIS
Tugas:
1. Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program kesekretariatan dan pengelolaan administrasi organisasi.
2. Mengatur dan mengelola tugas kesekretariatan organisasi secara umum.
3. Membuat surat resmi yang dikeluarkan DKM Al-Hijrah.
4. Bersama Ketua menandatangani setiap surat resmi yang dikeluarkan DKM Al- Hijrah.
5. Menerima, mencatat, dan mengarsipkan surat masuk dari berbagai pihak.
6. Memberikan pelayanan administratrif untuk seluruh Bidang.
7. Memberikan laporan bidang kesekretariatan kepada Ketua DKM.
8. Menjadi sekretaris/notulis dalam setiap musyawarah yang dipimpin oleh Ketua DKM/Bidang.
9. Mewakili Ketua DKM apabila yang bersangkutan berhalangan hadir atau tidak ada di tempat.
10. Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.
11. Bertanggung jawab terhadap administrasi kesekretariaan pengurus DKM.
12. Mengarsipkan file-file, data-data kegiatan dari seluruh program kerja
13. Usulan Program Kerja.
14. Mengaktifkan dan menata sekretariat Masjid.
BENDAHARA
Tugas Kerja:
1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaaan program pengelolaan keuangan organisasi.
2.Menyimpan, mengelola dan membukukan keuangan Organisasi.
3.Merencanakan dan mengusahakan pemasukan sumber-sumber dana ke kas DKM.
4.Mengendalikan dan menertibkan pelaksanaan anggaran belanja masjid sesuai dengan ketentuan.
5.Mengeluarkan uang sesuai keperluan dan kebutuhan Masjid.
6.Menyimpan bukti penerimaan dan pengeluaran keuangan.
7.Membuat laporan keuangan secara rutin maupun insidentil.
8.Bertanggung jawab terhadap pengelolaan uang kepengurusan DKM
9.Berhak mengeluarkan uang atas izin Ketua Umum/ Sekretaris.
11.Membuat laporan keuangan secara berkala yang disebarkan kepada seluruh warga muslim setiap bulan
12.Mengumumkan laporan keuangan setiap sebelum sholat Jumat yang berkoordinasi dengan Bidang Dakwah.
13.Membantu bidang dana usaha dalam pencarian dana sumbangan bulanan warga yang di lakukan oleh marbot dan memantau perkembangan Bidang Dana Usaha seperti air galon dan gas.
BIDANG DAKWAH
Tugas Kerja:
1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program dakwah dan pembinaan jama'ah. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
2.Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan keimanan, keilmuan dan ketaqwaan Jama'ah.
3.Mengatur pelaksanaan kegiatan pengajian yang diselenggarakan di Masjid Al-Hijrah.
4.Mengatur jadwal jadwal ceramah untuk Ceramah Jumat, Kuliah Subuh, Ramadhan dan PBHI
Usulan Program :
1.Menyelenggarakan pengajian pengajian Tafsir Al Quran dan Hadist ataupun materi umum subuh pada Sabtu / Minggu.
2.Membuat kajian-kajian lainnya seperti Bedah Buku yang bekerja sama dengan Bidang Pendidikan dan Perpustakaan.
BIDANG PHBI ( Perayaan Hari Besar Islam)
Tugas Kerja:
1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Kegiatan Hari-hari besar Islam secara terencana dan dilaksankan dengan baik . Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
2.Bertanggung jawab atas penyelenggaran kegiatan peringatan hari besar Islam seperti tahun baru Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, peringatan Nuzulul Qur’an di bulan Ramdahan, Acara Halal Bihalal, Pelaksanaan Qurban Idul Adha, serta peringatan hari besar Islam lainnya seperti Tablig Akbar
3.Bekerjasama dengan Bidang Dakwah untuk menyeleksi penceramah dan kegiatan dakwah
BIDANG SOSIAL
Tugas Kerja:
1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Program Kerja Sosial dan kesejahteraan ummat. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:
2.Merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial atau kemasyarakatan.
3.Membantu jama'ah dalam mengurusi atau menanggulangi musibah dan kematian.
4.Berkoordinasi dengan bidang lain seperti Majelis Ta’lim ibu-ibu untuk mengelola pemberian santunan kepada fakir miskin, dhuafa, anak yatim piatu di bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya.
Usulan Program:
Membuat pelatihan untuk mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan, hingga memakamkannya.
BIDANG PENGEMBANGAN FISIK DAN SARANA
Tugas Kerja:
1.Bertanggung jawab menjamin ketersediaan sarana demi kelancaran peribadatan. Misalnya sound system, sajadah, karpet, mukena, listrik, meja mengaji, dan podium.
2.Bertanggung jawab mengelola kebersihan masjid dan sarana pendukungnya seperti tempat wudhu, kamar mandi, kipas angin dll.
3.Bertanggung jawab melakukan pemeliharan sarana masjid yang bersifat ringan seperti menganti kran kamar mandi, kunci kamar mandi, lampu , rambu-rambu penunjuk di masjid.
4.Bertanggung jawab melakukan pemeliharaan masjid secara rutin yang skala pekerjaannya tergolong berat seperti pengecetan dinding masjid dan sekitarnya, mengganti pintu dan kusen yang kena rayap, memperbaiki dinding atau atap yang bocor
Usulan Program:
1.Membuat jadwal kebersihan yang berkoordinasi dengan Marbot
2.Merenovasi atap masjid, lantai atau Pembangunan Masjid.
3.Membuat rak dan ruang perpustakaan di bagian masjid
4.Merapihkan ruang tidur marbot, ruang sekretariatan dan ruang ibadah lainnya.
BIDANG PEMBINAAN REMAJA
Tugas Kerja:
1.Bertanggung jawab melakukan pembinaan terhadap anak dan remaja di lingkungan dengan melakukan sejumlah kegiatan yang bermanfaat sehingga terdorong untuk memakmurkan masjid.
2.Membentuk Remaja Islam Masjid Al-Hijrah (RISRAH)
Usulan Progam:
Membuat program pelatihan seperti pidato, MC, Nasyid / kesenian Islam, jurnalistik untuk membantu peliputan Bidang Humas dan Publikasi serta kegiatan lainnya yang bermanfaat sehingga anak dan remaja.
BIDANG KONSUMSI
Tugas Kerja :
1.Merencanakan kebutuhan konsumsi dan estimasi biaya yang dibutuhkan dalam setiap Kegiatan di Masjid Al-Hijrah
2.Koordinasi dengan bidang terkait dan Majelis Taklim ibu-ibu untuk setiap acara baik rutin maupun PBHI
3.Memutuskan untuk konsumsi yang akan digunakan setiap kegiatan apakah prasmanan atau box.
4. Mempertimbangkan estimasi biaya dan waktu pemesanan jika memakai catering :
• Pastikan jumlah peserta /panitia/undangan yang akan diberi makan beberapa hari sebelumnya untuk memudahkan penghitungan konsumsi.
• Membuat anggaran dana semu berapa kira-kira dana yang dibutuhkan untuk Bidang konsumsi.
• Mengoptimalkan koordinasi antar anggota Bidang konsumsi.
• Mempertimbangkan jenis makanan yang akan disajikan di hari H, mulai jenis , rasa waktu, dll.
• Mengidentifikasi peralatan yang dibutuhkan untuk bidang konsumsi, sedapat mungkin dapat terlengkapi beberapa hari sebelum hari H.
Ciputat, 6 Agustus 2022
Ketua DKM Al-Hijrah 2022-2025
Donni Noviandi Rafdi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar