Minggu, 06 Juli 2025

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN DKM AL-HIJRAH 2022-2025

  LAPORAN PERTANGGUNG JAWAB
DKM MASJID AL-HIJRAH 2022-2025

VILA CENDANA












                                                                        Donni  Noviandi Rafdi, SE MM (Ketua)








 












LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN

PENGURUS DKM MASJID AL-HIJRAH PERIODE  2022-2025

Disampaikan pada Pertemuan Yayasan & jamaah


 Bismillahirrahmanirrahim,

I. PENDAHULUAN

    Alhamdulillahirobbil’alamin Puji syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang tak pernah berhenti memberi dan tak pernah lelah menebar rahmah. Dia yang melimpahkan nikmat dan karunia yang tiada tara kepada kita hingga kita masih mampu mengarungi dunia yang fana ini dengan satu misi yaitu sebagai khalifah di muka bumi, melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar.

    Pertama-tama kami ingin menyampaikan terima kasih kepada Jamaah masjid dalam pertemuan ini atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mengemban tugas sebagai Pengurus DKM Al-Hijrah periode tahun 2022-2025 

    Setelah selama tiga tahun mengelola organisasi, kini tiba saatnya bagi pengurus masa bakti 2022-2025 untuk melaporkan kepada sidang rapat Yayasan yang terhormat & jamaah seluruh hasil kerja kami selama mengemban amanah ini.
    Waktu tiga tahun ternyata belum cukup untuk mewujudkan mimpi-mimpi dan rencana-rencana yang coba kami buat ketika pertama kali menerima kepercayaan mengurus organisasi.  Begitu banyak keterbatasan yang kami miliki, sementara begitu besar tantangan yang harus dihadapi. 

    Tercatat beberapa hal yang dapat kami capai, akan tetapi masih banyak tugas-tugas yang belum terselesaikan laporan ini sebagai wujud pertanggungjawaban kami,  dengan sistimatika sebagai berikut:

a. Pendahuluan
b. Pengurus DKM Masjid Al-Hijrah
c. Bidang Dakwah
d. Bidang Perayaan Hari Besar Islam
e. Bidang Sosial
f. Bidang Sarana & Pengembangan Fisik
g. Bidang Remaja
h. Bidang Konsumsi
i.      Bidang Usaha
j Laporan Keuangan
k Program Yang Belum Terealisasi 
l. Kendala Yang Dihadapi
m Penutup



II. PENGURUS DKM MASJID AL-HIJRAH

    Awal kepengurusan dimulai penunjukan kami selaku Ketua DKM Masjid Al-Hijrah periode tahun 2022-2025 yang didasarkan pada Surat Keputusan Yayasan Al-Hijrah  Nomor 002/YAY Sekr/VII/2022 tertanggal 12 Juli 2022 yang berlaku sejak tanggal 01 Agustus 2022 – 01 Agustus 2025.

    Atas saran dari yayasan, kepengurusan ini di perpanjang sampai  3 bulan,  paling lambat  November 2025 untuk menjaring calon ketua DKM 2025-2028.

    Di awal kepengurusan,  kami telah membentuk struktur organisasi dengan menunjuk jamaah Masjid Al-Hijrah sebagai pengurus untuk membantu kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan.  

    Adapun kepengurusan yang kami bentuk tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Ketua DKM Masjid Al-Hijrah No.  01/SO-DKM/2022 tertanggal  25 Juli 2022. 







 

 

Partnership-Kolaborasi

Dr.Hanin Prasodjo Sp.OT (Ketua IKW) & Drs.H.Meidy Latief (Ketua RT)

1

Pembina

Pengurus Yayasan Al-Hijrah

Ketua             : Bambang Haryanto

Sekretaris       : Hendra Kurnia

Bendahara      : Tatak Prastyawan

2

Penasehat

1.   Nasril Muchtar Koto (F-15)

2.   Eko Budi Suryantoro (D-1).

 

3

Ketua

Donni Noviandi Rafdi (C-22)

5

Sekretaris

Khresna Wantara (G-1)

 

6

Bendahara

 

1.   Atang Sanjaya (F-16)

2.   Alva Nurpatria (E-8)

7

7.1 Bidang Pembinaan Anak & Remaja (RISMA) : Remaja Islam Masjid Al-Hijrah

1.Tito (B-22) : Koordinator

2.Arsya (F-12A)

 

7.2 Bidang Pengembangan Fisik dan Sarana

1.Hafiz  (C-6) : Koordinator

2.Indra Ariwibowo (E-14)

3.Irwan Zulfardi (C-19)

 

7.3 Bidang DAKWAH

1. Erianto (D-7) : Koordinator

 

7.4  Bidang PHBI

      

1.   Siti Badriah (D-34) : Koordinator

 

2.   Suryani (D-7)

3.   Tuti (D-19)

4.   Pudji (B-21)

5.   Aan (E-28)

6.   Iien (B-22)

7.   Rita (C-10)

7.5 Bidang HUMAS

1Indradi (G-2) : Koordinator

2. Komariah (A-16)

3. Fahmi (A-1D)

4. Awan Kurniawan (C-4)

 

7.6 Bidang Konsumsi

1. Titi (F-31) : Koordinator

2. Maftuhah (A-7)

3. Lena (C-2)

4. Agi (B-8) -- Almarhumah

5. Fenti (D-1)

6. Nita (D-38)

 

 

7.7  Bidang Sosial

     

1.Janthy (D-4) : Koordinator

2. Endang (E-14)

3. Hariwati (E-6)

4. Wita (B-6)

 

 

JOB DESCRIPTION & PROGRAM KERJA

                 DKM AL-HIJRAH

                   PERIODE  2022 – 2025

  

KETUA DKM

 

 

Tugas Kerja:

 

1.       Pengemban   amanah   organisasi  Pengurus Yayasan Al Hijrah. Bertanggung jawab atas  terlaksananya seluruh amanah yang ditetapkan dalam Musyawarah Dewan Yayasan .  

 

2.       Memberikan masukan, arahan dan saran kepada Ka.Bidang DKM agar roda organisasi dan program kerja bisa berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan

 

3.       Memimpin dan mengendalikan kegiatan rutin organisasi secara umum.

4.       Memimpin Rapat Umum pengurus.

5.       Memimpin dan mewakili DKM  dalam kegiatan ekstern.

6.       Mengkoordinir, memotivasi, mengevaluasi, mengarahkan dan membimbing seluruh  kegiatan  bidang dalam  melaksanakan amanah organisasi.

 

7.       Pengambil keputusan atas semua permasalahan yang terjadi pada saat pelaksanaan tugas yang dijalankan Pengurus.

 

8.       Menyelengarakan dan memimpin Musyawarah Kerja untuk membahas dan menjabarkan program kerja sesuai dengan kebutuhan.

 

9.       Mempertanggungjawabkan kepengurusan organisasi dalam Musyawarah Jama'ah.

 

 

SEKRETARIS

 

Tugas:

 

1.       Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  kesekretariatan dan  pengelolaan administrasi organisasi. 

 

2.       Mengatur  dan mengelola tugas kesekretariatan organisasi  secara umum.

3.       Membuat  surat resmi yang dikeluarkan DKM Al-Hijrah.

4.       Bersama Ketua menandatangani setiap surat resmi yang dikeluarkan DKM Al- Hijrah.

 

5.       Menerima, mencatat, dan mengarsipkan surat masuk dari berbagai pihak.

6.       Memberikan pelayanan administratrif untuk seluruh Bidang.

7.       Memberikan  laporan  bidang kesekretariatan  kepada  Ketua DKM.

 

8.       Menjadi sekretaris/notulis dalam setiap musyawarah yang dipimpin oleh Ketua DKM/Bidang.

9.       Mewakili Ketua DKM apabila yang bersangkutan berhalangan hadir atau tidak ada di tempat.

 

10.     Melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas kepada Ketua DKM.

11.     Bertanggung jawab terhadap administrasi kesekretariaan pengurus DKM.

 

12.     Mengarsipkan file-file, data-data kegiatan dari seluruh program kerja

13.     Usulan Program Kerja.

14.     Mengaktifkan dan menata sekretariat Masjid.

 

 

BENDAHARA

 

Tugas Kerja:

 

1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab  dalam pelaksanaaan  program pengelolaan keuangan organisasi. 

 

2.Menyimpan, mengelola dan membukukan keuangan Organisasi.

 

3.Merencanakan dan mengusahakan pemasukan sumber-sumber dana ke kas DKM.

 

4.Mengendalikan dan menertibkan pelaksanaan anggaran belanja masjid sesuai dengan ketentuan.

5.Mengeluarkan uang sesuai keperluan dan kebutuhan Masjid.

 

6.Menyimpan bukti penerimaan dan pengeluaran keuangan.

7.Membuat laporan keuangan secara rutin maupun insidentil.

 

8.Bertanggung jawab terhadap pengelolaan uang kepengurusan DKM

9.Berhak mengeluarkan uang atas izin Ketua Umum/ Sekretaris.

 

11.Membuat laporan keuangan secara berkala yang disebarkan kepada seluruh warga muslim setiap bulan

 

12.Mengumumkan laporan keuangan setiap sebelum sholat Jumat yang berkoordinasi dengan Bidang Dakwah.

 

13.Membantu bidang dana usaha dalam pencarian dana sumbangan bulanan warga yang di lakukan oleh marbot dan memantau perkembangan Bidang Dana Usaha seperti air galon dan gas.

 

 

BIDANG DAKWAH

 

Tugas Kerja:

 

1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan program  dakwah dan pembinaan jama'ah.  Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

 

2.Menyelenggarakan   kegiatan-kegiatan   yang dapat    meningkatkan keimanan, keilmuan dan ketaqwaan Jama'ah.

 

3.Mengatur pelaksanaan kegiatan pengajian yang diselenggarakan di Masjid Al-Hijrah.

 

4.Mengatur jadwal jadwal ceramah untuk Ceramah Jumat, Kuliah Subuh, Ramadhan dan PBHI 

 

Usulan Program :

 

1.Menyelenggarakan pengajian pengajian Tafsir Al Quran dan Hadist  ataupun materi umum subuh pada Sabtu / Minggu.

 

2.Membuat kajian-kajian lainnya seperti Bedah Buku yang bekerja sama dengan Bidang Pendidikan dan Perpustakaan.

 

 

 

BIDANG PHBI ( Perayaan Hari Besar Islam)

 

Tugas Kerja:

 

1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan Kegiatan Hari-hari besar Islam secara terencana dan dilaksankan dengan baik . Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

 

2.Bertanggung jawab atas penyelenggaran kegiatan peringatan hari besar Islam seperti tahun baru Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad SAW, Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, peringatan Nuzulul Qur’an di bulan Ramdahan, Acara Halal Bihalal, Pelaksanaan Qurban Idul Adha, serta peringatan hari besar Islam lainnya seperti Tablig Akbar

 

3.Bekerjasama dengan Bidang Dakwah untuk menyeleksi penceramah dan kegiatan dakwah

 

 

BIDANG SOSIAL 

 

Tugas Kerja:

 

1.Membantu Ketua DKM, yang bertanggung  jawab dalam pelaksanaan  Program  Kerja  Sosial dan kesejahteraan ummat. Melaksanakan kegiatan organisasi antara lain:

 

2.Merencanakan, mengatur dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial atau kemasyarakatan.

3.Membantu  jama'ah dalam mengurusi atau menanggulangi musibah dan kematian.

 

4.Berkoordinasi dengan bidang lain seperti Majelis Ta’lim ibu-ibu untuk mengelola pemberian santunan kepada fakir miskin, dhuafa, anak yatim piatu di bulan Ramadhan dan bulan-bulan lainnya.

 

Usulan Program:

 

Membuat pelatihan untuk mengurus jenazah, mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan, hingga memakamkannya.

 

 

BIDANG PENGEMBANGAN FISIK DAN SARANA

 

 Tugas Kerja:

 

1.Bertanggung jawab menjamin ketersediaan sarana demi kelancaran peribadatan. Misalnya sound system, sajadah, karpet, mukena, listrik, meja mengaji, dan podium.

 

2.Bertanggung jawab mengelola kebersihan masjid dan sarana pendukungnya seperti tempat wudhu, kamar mandi, kipas angin dll.

 

3.Bertanggung jawab melakukan pemeliharan sarana masjid yang bersifat ringan seperti menganti kran kamar mandi, kunci kamar mandi, lampu , rambu-rambu penunjuk di masjid.

 

4.Bertanggung jawab melakukan pemeliharaan masjid secara rutin yang skala pekerjaannya tergolong berat seperti pengecetan dinding masjid dan sekitarnya, mengganti pintu dan kusen yang kena rayap, memperbaiki dinding atau atap yang bocor

 

Usulan Program:

 

1.Membuat jadwal kebersihan yang berkoordinasi dengan Marbot

 

2.Merenovasi atap masjid, lantai atau Pembangunan Masjid.

3.Membuat rak dan ruang perpustakaan di bagian masjid

4.Merapihkan ruang tidur marbot, ruang sekretariatan dan ruang ibadah lainnya.

 

 

 

BIDANG REMAJA 

 

Tugas Kerja:

 

1.Bertanggung jawab melakukan pembinaan terhadap anak dan remaja di lingkungan dengan melakukan sejumlah kegiatan yang bermanfaat sehingga terdorong untuk memakmurkan masjid.

 

2.Membentuk Remaja Islam Masjid Al-Hijrah (RISMAL) 

 

Usulan Progam:

 

Membuat program pelatihan seperti pidato, MC, Nasyid / kesenian Islam, jurnalistik untuk membantu peliputan Bidang Humas dan Publikasi serta kegiatan lainnya yang bermanfaat sehingga anak dan remaja.

 

 

BIDANG KONSUMSI

 

Tugas Kerja :

 

1.Merencanakan kebutuhan konsumsi dan estimasi biaya yang dibutuhkan dalam setiap Kegiatan di Masjid Al-Hijrah

 

2.Koordinasi dengan bidang terkait dan Majelis Taklim ibu-ibu untuk  setiap acara baik rutin maupun PBHI

 

3.Memutuskan untuk konsumsi yang akan digunakan setiap kegiatan apakah prasmanan atau box.

 

4. Mempertimbangkan estimasi biaya dan waktu pemesanan jika memakai catering :

 

• Pastikan jumlah peserta /panitia/undangan yang akan diberi makan beberapa hari sebelumnya untuk memudahkan penghitungan konsumsi.

 

• Membuat anggaran dana semu berapa kira-kira dana yang dibutuhkan untuk Bidang konsumsi.

 

• Mengoptimalkan koordinasi antar anggota Bidang konsumsi.

 

• Mempertimbangkan jenis makanan yang akan disajikan di hari H, mulai jenis , rasa waktu, dll.

 

• Mengidentifikasi peralatan yang dibutuhkan untuk bidang konsumsi, sedapat mungkin dapat terlengkapi beberapa hari sebelum hari H.

 

 

 

BIDANG USAHA

 

Tugas Kerja :

 

·       Mengembangkan usaha bisnis : Air mineral dan gas

·       Bekerjasama dengan vendor baru untuk mendapatkan produk yang kompetitif

 

 

 





REALISASI KERJA TIAP BIDANG 2022-2025



III. BIDANG DAKWAH

 Ir. H.Erianto 

 

1. Kuliah Subuh Sabtu

2. Wisata Religi ke Makam Sunan Gunung jati Cirebon.

3. Pengajian Tahsin ( perbaikan baca Al-Quran) bapak

4. Pengajian tahsin majelis ibu-ibu

5. Bedah Kitab "Ad daa Wad Dawaa " Idrus Yusuf MA

6. Kajian Malam Tahun baru Masehi

7. Kajian Kang Abu Marlo/ Honor swadaya jamaah

8. Bedah Buku Prof Dr.Bambang Irawan

9. Pengajian Yasinan Malam Jumat

10. Pengajian Anak-Anak

11. Shalat Gerhana

12. Malam Nisyfu Saban : Sholat Magrib Berjamaah, Pengajian Surat Yasin & Dzikir,Doa, Sholat Isya Berjamaah.

13.Penceramah TV One Ust Azhari Nasution MA dan Ust DR.KH Syahid Qutub mengasuh kuliah subuh


 

 

Makam Sunan gunung jati Cirebon 10 sept 2022.


Pengajian Tahsin (perbaikan cara baca al-quran) diasuh qory national 1982 (Juara 1 MTQ National) Drs.Mardi Ahmad, 1-Nov 2022.


 

Mengaji majelis ibu-ibu bersama umi siti badriah 18 des 2022.



Bedah Buku ”Lah Tahzan dari sisi tasawuf” oleh Prof.Dr.Bambang Irawan 16 sep 2023.


Kajian Abu Marlo, honor penceramah dari donasi jamaah


Penceramah kuliah subuh 2 ustadz pengisi acara ”Damai Indonesiaku” Tv One, Azhari Nasution dan Dr.KH.Sayid Qutub



Hal Baru :

1. Wisata ke makam wali songo sunan gunung jati cirebon

2.Ceramah malam tahun baru islam.

3.Bedah buku yang dilakukan sudah 2 kali :

- Buku "Ad daa Wad Dawaa " Idrus Yusuf MA

- Buku ”La Tahzan ” Prof Dr.Bambang Irawan

4 Pengajian Tahsin (Perbaikan baca Al-quran) kaum bapak-bapak

5.Kajian Swadaya jamaah : Kajian Abu Marlo, honor sebesar Rp 2.500.000 di biaya jamaah yang hadir.


 

 

 IV. BIDANG PERINGATAN HARI BESAR ISLAM


 

                                            Dra.Hj. Siti Badriah 


    Kegiatan-kegiatan Peringatan hari besar islam yang berlangsung selama masa kepengurusan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun 2022-2025.  Secara kuantitas kegiatan-kegiatan rutin PHBI semuanya telah berhasil terlaksana dalam tahun berjalan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan yaitu:


1. Bulan Ramadhan 

kegiatan-kegiatan meliputi:  


Sholat Tarawih & Sholat Witir berjamaah.


Kuliah subuh 2x seminggu yaitu Sabtu & Minggu selama ramadhan, yang mana penceramahnya berasal dari luar.


Menyelenggarakan Sholat Idul Fitri 1 Syawal 

Pembentukan Amil Zakat Fitrah yang berkolaborasi dengan Baznas Tangerang Selatan.

Lomba Anak Ramadhan 2025

Iqtiqaf malam ganji akhir ramadhan 23,25,27 & 29 dan sahur bersama

Buka puasa bersama setiap minggu 


2. Sholat Idul Adha & Qurban


Pengurus membentuk Panitia/Amil Qurban dan sholat Ied Adha.

Penyelengaraan Shalat Idul Adha, Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban di lokasi pekarangan masjid Al-Hijrah. 



3.Kegiatan Hari Besar Islam 


Kegiatan Peringatan Maulid Nabis Muhamad SAW 

Kegiatan Peringatan Isra Miraj

Kegiatan Tahun Baru Islam.

Pawai Obor Anak Jelang Ramadhan


 

 


 Marhaban Ya Ramadhan 2025


 Sambutan Ketua IKW  pak Hanin Prasodjo acara maulid nabi sept 2024



Sambutan ketua RT pak Meidy Latief Isra Mi’raj Feb 2024


Itiqab malam ke-25 Ramadhan dan sahur bersama


Pawai obor anak jelang ramadhan, menggelegar!


Perubahan:

1.Pola Shalat Taraweh , semula sehabis shalat isya langsung  shalat taraweh lanjut ceramah diubah menjadi sehabis shalat isya langsung ceramah dan shalat taraweh.

2. Pengadaan hewan qurban sapi dengan konsep UPBS (Upaya Pembelian Bersama Syariah) melalui tender menghasilkan :

- Pembelian sapi lebih transparant dengan menunjuk pemenang peternak di cisarua Ilyas Farm,

- Jenis sapi import : Fresienholsten (Belanda), Simental cross (Swiss), Limosin (USA) & PO (India) belum pernah ada jenis sapi ini , selama ini didominasi hanya sapi kupang/bali

- Sapi yang bobotnya diatas 400 Kg. selama ini hanya sapi berat 275-350 Kg, konsep ini mendapatkan sapi diatas 400 Kg bahkan 2 ekor sapi bobot 470 kg (harga pasaran 32 juta)

- Harga yang lebih baik

- Cash back dari vendor pemenang sebesar Rp 225,000 per sapi di kembalikan ke rek masjid Al-Hijrah.

3 Tidak ada lagi hidangan konsumsi makan siang panitia diambil dari hewan qurban walaupun sudah seizin pengurban, sebelumnya daging diambil 15-20 kg dari daging qurban.

4 Proses pencacahan hewan qurban yang sangat cepat dengan pengadaan 2 mesin potong menghasilkan penyelesain daging qurban siang hari jam 14.00 sebelumnya jam 16.00 Wib.

5. Itiqab Lailatul Qadar malam ganjil ramadhan ; malam 23, 25, 27 dan 29 yang diasuh oleh ustadz.

6.Sahur bersama di malam ganjil ramadhan yang dihadiri sekitar 25-32 jamaah.

7.Lomba anak-anak ramadhan yaitu : lomba azan dan sambung ayat

8. Perhitungan pembagian uang zakat fitrah untuk mustahiq berdasarkan kontribusi 8 aznab : fakir, miskin, amil, mualaf, riqab, gharim, fisabilillah, dan ibnu sabil yang diterapkan di panitia ZIS Al-hijrah. 

 Untuk pertama kalinya amil di masjid al-hijrah mendapatkan uang zakat fitrah.

 

 

 

 

 

I.     BIDANG SOSIAL      


                                                                    Janthy

Santunan Yatim Piatu dan Duafa Ramadhan
        Pemberian bantuan ke orang yang berhak menerima di filter melalui tingkat
        RT & RW serta data base DMI (Dewan Masjid Indonesia) cempaka putih.
        

Pembentukan UPZ (Unit Pelayanan Zakat) Baznas Masjid Al-Hijrah 2025 yang disyahkan Baznas Tangerang Selatan.



Ø  Seminar Kesehatan oleh 3 dokter jamaah masjid Al-Hijrah : Dr.Kartika, Dr.Hanindya Prasodjo Sp.OT dan Dr.Ridwan Sp.S

Ø  Bazar Ramadhan yang ikut 6 peserta 2024

Ø  Cek kesehatan lengkap (gula darah, tensi, kolesterol, paru, jantung, kepadatan tulang dll) gratis ramadhan 2025 kerjasama dengan Nutriwell yang di hadiri 65 orang untuk cek kesehatan.

Ø  Pemberian uang tanda kasih lebaran untuk 2 marbot Anwar dan Jatsy

 

Cek kesehatan gratis bekerja sama dengan nutriwell

 


Pelantikan Ketua UPZ (Unit Pelayanan Zakat)  Al-Hijrah Donni Noviandi oleh Sekretaris Baznas Tangerang Selatan Drs.Makhmud MM

 

Santunan yatim piatu ramadhan 2025

  
Pembagian hadiah lomba anak oleh ketua IKW Dr.Hanindya Prasodjo Sp.OT



Bazar Ramadhan 2024 diikuti 6 peserta


Ngobrol Santai Kesehatan Dr.Hanindya Prasodjo Sp.OT  "Langkahkan Kakimu agar tulang tidak rapuh"



Ngobrol bersama kesehatan Mayor CKM Dr.Ridwan Siswanto Sp.S ” Kenali Stroke”

Pemberian ”Tanda Kasih” marbot dari jamaah , 2024 sebesar Rp 14.850.000 dibagi 2 .

  

VI.    BIDANG PRASARANA & PENGEMBANGAN FISIK




A.   RENOVASI MASJID AL-HIJRAH

 

Perbaikan & pembangunan fisik terhadap bangunan masjid :

 

Ø  Pembuatan 1 (satu) kamar mandi wanita dan tempat wudhu, renovasi atap masjid , perbaikan talang-talang  yang bocor, pembelian Speaker, MIC dan Pompa Air/Tower Air, Amplifier TOA, dan jam shalat.


Ø  Penambahan kedalam air untuk sumur pompa.


Ø  Mendapat bantuan dana dari Bank Indonesia sebesar Rp 30.000.000 setelah pengajuan proposal untuk membuat sumur air, sampai saat ini belum terealisasi pembuatan sumur karena situasi musim hujan dan air berlimpah.


Ø  Penggantian karpet masjid sumbangan ketua yayasan Al-hijrah pak bambang haryanto.


Ø  Pemanfaatan stop kontak listrik "3 colokan" untuk charge baterai Hand Phone di parkiran masjid bagi tamu/ musafir yang shalat di masjid al-hijrah seperti : tamu,ojek on line, ekpedisi paket, sopir taxi dll


Ø  Perbaikan kolam ikan di dalam masjid & pembelian Ikan KOI di kolam masjid.


# Pengadaan alat-alat/barang-barang sesuai kebutuhannya yakni pembelian-pembelian berupa:



·       2 (dua) mesin potong untuk Qurban (sumbangan pak bambang & pak hendra)

·       Besi untuk gantungan hewan Qurban (donasi pak bambang)

·       Rantai Derek Qurban

·       Donasi dari ketua yayasan 4 meja untuk kegiatan seperti bazar

 

 

B.   INVENTARISASI ASET MASJID

 

Laporan inventarisasi barang/alat yang merupakan aset masjid : Tenda, kursi, LCD, meja dll



Penambahan toilet wanita sumbangan ketua yayasan Al-hijrah 12 maret 2023

 

VII.    BIDANG KONSUMSI

 


        Mendukung semua kegiatan di Masjid Al-Hijrah terutama tersedia makanan & minuman yang berkualitas : Konsumsi PHBI, Buka Puasa Bersama, Sahur bersama & Santunan

        Meminimalkan biaya  dalam pengadaan konsumsi kegiatan dengan Membentuk team atau bagian tersendiri .

        Menu konsumsi yang bervariasi karena memiliki team sendiri.

 VIII.    BIDANG  USAHA


Ø  Menambah jumlah vendor air mineral tidak bertumpu ke Aqua Saja.

Ø Kesepakatan dengan Aqua kompensasi diberikan Dispenser gratis + 5 aqua galon setiap bulan untuk  tamu/musafir yang diletakan diparkiran masjid.

 

 

Dispenser sumbangan Dari Aqua + 5 galon perbulan disiapkan gratis untuk musafir



Colokan listrik untuk charge HP untuk musafir.


LAPORAN KEUANGAN

         Sumber Keuangan DKM terserap dari beberapa kegiatan antara lain : Kartu Infaq bulanan, Infaq Kotak Jum’at , Infaq Kultum & QRIS.

Adapun Laporan KAS keuangan DKM Al-Hijrah dengan Saldo Akhir bulan ini Juli 2025 adalah : Rp. 38.461.000,00 terbilang (tiga puluh delapan juta empat ratus enam puluh satu ribu rupiah). 

Uang kas digunakan untuk kepengurusan baru.

IX.    PROGRAM YANG BELUM TEREALISASI


1.   UPZ (Unit Pemungut Zakat) yang sudah terbentuk secara resmi di Baznas Tangerang Selatan (Surat Keputusan Baznas Tangerang Selatan).Beberapa program persiapan dan kerjasama bisa dilanjutkan pengurus DKM berikutnya

2.   Pembentukan Remaja Masjid Al-Hijrah (RISMAL) sudah terbentuk hanya belum ada kegiatan. Kendala utama adalah jumlah remaja yang sedikit dan tidak bersedia untuk mengikuti kegiatan di masjid.

3.   Tanah sebelah masjid (halaman parkir) yang rencana akan dibeli oleh yayasan dari pemiliknya tapi pemilik belum bersedia menghibah atau menjual ke masjid.

4.   Pemisahan arus uang Operational dengan uang Unit usaha sehingga mempermudah pembukuan laporan keuangan bulanan.

5.   Penyusunan jadwal materi dan penceramah untuk kuliah subuh mingguan, ceramah jumat dan ceramah hari besar dibuatkan komite dakwah sebagai penyeleksi . Komite Dakwah terdiri dari bidang dakwah, pengurus inti DKM, Yayasan dan Perwakilan Jamaah yang ditunjuk.

6.   Pembuatan perpustakaan di atas empang sebelah masjid.

7.  Pembentukan TPA (Taman Pendidikan Al-quran)

8.  Pembuatan Aplikasi Kegiatan Masjid Al-hijrah , namanya "hijrah", fitur terdiri laporan keuangan , manajemen zakat, qurban, jadwal kultum sabtu, jadwal penceramah jumat, transfer Infaq dll

9.  Program "Marbot Naik Haji" sebagai reward ke anwar yang sudah bekerja 18 tahun.

10.Perencanaan usaha berbasis masjid melalui akta  yayasan mendirikan Badan Usaha : Koperasi masjid yang menyediakan kebutuhan sehari-hari jamaah dan produk unggulan UMKM jamaah bahkan  badan usaha yang menjual produk sendiri sebagai lini bisnis . produksi UMKM jamaah untuk dijual dengan brand sendiri (masjid).

11. Penjajakan kerjasama  Menyelenggarakan pelatihan untuk jamaah, kerjasama dengan Yayasan pesantren islam (YPI) Al-Azhar bintaro : Pelatihan Pendidikan Mubaligh , Pelatihan manajemen masjid dan pelatihan pengurusan mayat.

     Lama pendidikan maximal 3 bulan, diadakan setiap minggu sekali dengan durasi 2 jam per pertemuan

    

       

X.   KENDALA YANG DIHADAPI


1.   Laporan keuangan bulanan dibuat rutin ketika masih ada Husam (marbot sebelum jatsy) , kendala utama pembuatan laporan keuangan harus sinkronisasi data operational harian dan kegiatan penjualan aqua dan gas sehingga kami sering kesulitan menyusun laporan keuangan ini. perbaikan kedepan untuk dibuat rek BSI unit usaha yang terpisah dari rek bsi operational.

2.   Tingkat kepedulian sebagian besar Pengurus & jamaah pada beberapa  kegiatan masih tergolong rendah , masih mengandalkan pada figur ketua DKM dalam hal even/kegiatan.Masih sulitnya regenerasi ke panitian dan pengurus,  jika di tawarkan kepanitiaan atau pengurus menolak sehingga kepanitiaan didominasi orang lama alias itu-itu saja.

3.  Pada Awalnya kesulitan didalam penyaluran  penerima bantuan (nama orang & alamat) baik santunan maupun zakat, DIPASTIKAN DOUBLE PENERIMA (satu orang akan menerima bantuan/zakat dari berbagai masjid & apakah layak menerima santunan /zakat atau tidak?), saya terapkan  konsolidasi tingkat wilayah RT dan RW maupun melalui organisasi DMI, Baznas & MUI. 

    Ide ini diakomodir di DMI Kelurahan (dalam pengumpulan data base penerima bantuan) untuk diterapkan di semua masjid sehingga nantinya 1 orang hanya menerima 1 bantuan (zakat) saja.

4.   Untuk antisipasi pemahaman yang berbeda tentang ibadah antar 1 individu dengan yang lain (tergantung perspektif tiap pribadi memahami / terhadap makna cara islam atau menilai isi & makna penceramah ) perlu dibuat “Majelis Syuro” yang terdiri dari perwakilan penceramah /ahli islam  yang berasal dari latar belakang pendidikan dakwah (bukan dari jamaah /warga vila cendana) dengan tujuan tidak ada seorang jamaah memaksa kehendak atau pendapatnya di masjid kecuali sudah dalam kajian dan keputusan ketua DKM.

Calon team Majelis Syuro :

1.DR.KH.M.Khaerul Mustagfirin MA (kandidate Profesor Hadist UIN/ Gol IV C)

2.Prof DR.Bambang Irawan (Guru besar Tasawuf  UIN/Gol IVE).


XI. PENGEMBANGAN MASJID

1.   Masjid Al-Hijrah sudah memiliki web blogspot sebagai sarana komunikasi yang efisien untuk mengkomunikasikan program dan kegiatan di masjid

2.    Ikut terlibat dalam DMI (Dewan Masjid Indonesia) kelurahan cempaka putih kecamatan ciputat timur, kami ditunjuk sebagai ka bidang Kajian & pengembangan masjid

3.   Penunjukan UPZ (Unit Pelayanan Zakat) Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Tangerang Selatan Masjid Al-Hijrah yang memiliki data base mustahiq yang akurat dan perhitungan 8 mustahiq yang sesuai islam.

4. Database orang penerima santunan yang terintegrasi dengan DMI (Dewan Masjid Indonesia) sehingga diharapkan mustahiq sudah di saring tidak menerima double dari masjid lain

5.   Acara Ngobras (Ngobrol Santai) berkala antara DKM Al-hijrah dengan jamaah untuk mencapai keputusan terbanyak & bersama termasuk membahas usulan salah satu jamaah untuk menutup penjualan  galon Aqua karena terafiliasi dengan israel (pada akhirnya jualan Aqua tetap berjalan).

6.   Pembuatan Sistem Operational Procedure (SOP) untuk kegiatan di masjid seperti SOP tata kerja marbot, SOP tata cara undangan penceramah , SOP peminjaman inventaris milik masjid, SOP pemakaian masjid dll

7.   Bantuan dari Bank Indonesia sebesar Rp 30.000.000 untuk pembuatan sumur kedalaman 80 meter.

8.   Study Banding oleh DKM Al-Muhajirin Vila Bintaro Regency penanganan Manajemen Hewan Qurban ke masjid Al-Hijrah

9.   Kerjasama DKM Al-Hijrah dengan RS Dhia (Perempatan duren.Jl Cendrawasih) penyediaan Ambulance Gratis emergency atau pertolongan pertama untuk jamaah  masjid Al-hijrah & warga vila cendana.

10. Menyiapkan fasilitas umum : pemasangan dispenser minuman air mineral (sponsor Aqua) di parkiran fasilitas charge baterai HP (3 colokan) gratis untuk musafir atau tamu

11.Menyiapkan ”Etalase UMKM” di halaman parkir dengan disiapkan 4 meja, digunakan kegiatan rutin maupun khusus (ramadhan)  seperti event cek kesehatan, promosi indihome , Le-minerale dll


XII. PENUTUP

Tidak ada burung terbang tinggi jika tidak melayang,  ungkapan klasik yang banyak dipakai orang dalam menggambarkan ketidaksempurnaan.

"Lebih baik melakukan sesuatu dengan tidak sempurna daripada tidak melakukan apa pun dengan sempurna."

          Kami  ketua DKM menerapkan Manajemen Terbuka untuk jamaah yang majemuk .
        Pelangi indah itu karena beraneka ragam, sama seperti jamaah masjid yang                     beraneka ragam baik usia,latar belakang keluarga, suku, pendidikan, pekerjaan dll.

        kami mencintai ke"pelangian" ini.
               
        Di lingkungan masjid tidak boleh ada yang memaksakan kehendaknya sendiri  atau     pendapat pribadi nya sendiri  tanpa ada kesepakatan bersama yang diputuskan oleh         Ketua DKM.

Terima kasih kepada seluruh team pengurus DKM Masjid Al-Hijrah 2022-2025 yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan masjid kita dengan berbagai macam terobosan untuk kepentingan bersama semoga mendapat limpahan pahala dari Allah swt Aamin

Terima kasih semua pihak yang selama ini telah membantu DKM baik dalam bentuk tenaga, perhatian, ide, saran bahkan kritikan.

Untuk itu kami mohonkan maaf yang sebesar-besarnya jika selama kepengurusan  kami terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati yayasan & para Jamaah. Semua itu kami lakukan demi pengabdian dan memegang amanah Jamaah dan warga yang telah mempercayai kami

Saya pribadi tidak bersedia untuk menjadi ketua DKM periode berikutnya untuk menjaga marwah organisasi tetap sehat, penuh ide-ide baru & energik , kepemimpinan organisasi Bukan untuk di perpanjang.

Demikian laporan Pengurus DKM Masjid Al-Hijrah masa ibadah 2022-2025.

Semoga laporan kami ini dapat memberikan pelajaran yang berharga bagi Pengurus berikutnya dalam mengelola organisasi DKM Masjid Al-Hijrah

 

Akhirul kallam Wabilahitaufik wal hidayah, wassalaamu’alaikum wr wb

 

 

 

 

Jakarta,   11 Juli 2025

 

PENGURUS DKM MASJID AL-HIJRAH PERIODE 2022 – 2025

 

 

 

 

 

 

Donni Noviandi Rafdi 

Ketua DKM

 

Khresna Wantara

Sekretaris

 

 

 

 

                               Atang Sanjaya

                               Bendahara

 

 

 

 

 

 

i. Lampiran

 

Standart Operational Procedure

 

 

 

1

Ketua  DKM :

a.     Membuat rencana kebutuhan dana permintaan uang kegiatan masjid kepada bendahara masjid.

 

b.    Menyampaikan rincian permintaan uang kegiatan beserta rencana penarikan dananya kepada bendahara masjid

 

c.     Menerima dan meneliti konsep persetujuan pemberian uang kegiatan

 

d.    Menandatangani nota persetujuan pemberian uang kegiatan dan menginstruksikan bendahara untuk membayar uang kegiatan

 

e.    Menandatangani Nota pengambilan uang kegiatan

 

 

 

2

Bendahara :

a.     Menerima permintaan uang kegiatan serta rincian rencana dana dari ketua DKM dan Bidang yang terkait.

 

b.    Meneliti kebutuhan permintaan uang kegiatan

 

c.     Membuat konsep persetujuan pemberian uang kegiatan serta menyampaikan kepada ketua DKM

 

d.Menerima nota persetujuan pemberian uang kegiatan dari koordinator bidang

 

e.    Mengambil uang di bank

 

f.    Membuat bukti tanda terima pemberian uang kegiatan  kepada Bidang terkait untuk ditandatangani ketua DKM

 

g.    Membayarkan uang kegiatan kepada Ka bidang atau PIC yang di tunjuk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nomor SOP

 02/DNR-SOP/IX/2022

Tanggal Pembuatan

01  Oktober 2022

Tanggal Revisi

 

Tanggal Efektif

21 Oktober 2022.

 

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Uang Kegiatan Masjid Al-Hijrah

 

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

BENDAHARA

KETUA

1

Ketua DKM :

a.    Membuat laporan pertangungjawaban penggunaan uang kegiatan masjid serta bukti-bukti pengeluaran paling lambat 7 hari kerja setelah selesainya kegiatan

 

b.    Menerima laporan pertanggungjawaban penggunaan uang kegiatan masjid dari Ka Bidang terkait kepada bendahara.

c. Memutuskan Anggaran biaya kegiatan berdasarkan diskusi dengan Sekretaris dan Bendahara

 

d.    Menandatangani  surat  persetujuan terhadap laporan anggaran dari Bidang terkat  dan menginstruksikan bendahara untuk membukukan dalam laporan kas masjid

 

 

2

Bendahara :

a.    Menerima laporan pertanggungjawaban penggunaan uang kegiatan masjid dari ketua DKM

 

b.    Meneliti laporan pertanggungjawaban serta bukti-bukti pengeluaran

 

c.    Membuat dan menandatangani nota tanggapan terhadap laporan pertangungjawaban ketua DKM

 

d.    Membuat konsep persetujuan terhadap laporan pertanggungjawaban ketua DKM kepada koordinator bidang

 

e.   Membukukan bukti pengeluaran kegiatan yang telah disetujui ketua DKM dalam laporan kas

 

 

 

 

 

 

 

 

Nomor SOP

 03/DNR-SOP/IX/2022

Tanggal Pembuatan

01 Oktober 2022

Tanggal Revisi

 

Tanggal Efektif

21 Oktober 2022.

 

 

 

 

 

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Laporan Bulanan/Semesteran Kas Masjid Al-Hijrah

 

 

 

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

BENDAHARA

SEKRETARIS

1

Bendahara :

a.    Membuat laporan bulanan/semesteran kas masjid dengan perincian sebagai berikut :

-    Laporan Bulanan setiap tanggal 1 bulan berikutnya

-    Laporan Semesteran setiap tanggal 1 bulan Juli dan Januari

 

b.    Menyampaikan laporan bulanan/semesteran kas masjid kepada ketua DKM dan Sekretaris

 

c.    Membuat dan menandatangani nota laporan pertanggungjawaban kas masjid dan menyampaikannya kepada ketua DKM.

d.Menerima laporan bulanan/semesteran kas masjid yang telah disetujui dan diberikan catatan oleh ketua DKM

 

e.   Mengumumkan laporan kas masjid kepada jama’ah masjid yang dibagikan kerumah jamaah oleh marbot

 

 

2

Sekretaris :

a.    Menerima dan meneliti nota laporan pertanggungjawaban kas masjid serta laporan bulanan/semesteran kas masjid dari bendahara

 

b.    Menandatangani dan memberikan catatan terhadap laporan bulanan/semesteran kas masjid serta menyampaikan kembali kepada bendahara

 

c.    Menginstruksikan marbot untuk mengumumkan laporan kas masjid kepada jama’ah masjid pada waktu sebelum sholat jum’at

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nomor SOP

 04/DNR-SOP/IX/2022

Tanggal Pembuatan

01  Oktober 2022

Tanggal Revisi

 

Tanggal Efektif

21 Oktober 2022.

 

 

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Laporan Kegiatan Masjid A-Hijrah

 

 

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

SEKRETARIS

KETUA

1

Sekretaris :

a.     Membuat laporan kegiatan Masjid dengan perincian sebagai berikut :

-    Laporan Jadwal Khotib Jum’at

-    Laporan Jadwal Penceramah Kuliah Subuh

-    Laporan Kondisi  Sarana dan Prasarana Masjid

-    Laporan Inventarisir Masjid

-    Laporan pembinaan Marbot

 

b.    Menyampaikan laporan kegiatan masjid kepada ketua DKM

c.    Membuat dan menandatangani nota laporan kegiatan dan menyampaikannya kepada ketua DKM

 

d.Menerima laporan kegiatan  masjid yang telah disetujui dan diberikan catatan oleh ka  bidang Dakwah dan Ka Bidang Sarana

 

e.    Melaksanakan catatan/pertimbangan ka Bidang Dakwah dan Ka bidang Sarana

 

 

2

Ketua DKM :

a.    Menerima dan meneliti nota laporan kegiatan masjid  dari Sekretaris dan Bendahara

 

b.    Menandatangani dan memberikan catatan terhadap laporan kegiatan masjid.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nomor SOP

 05/DNR-SOP/IX/2022

Tanggal Pembuatan

01  Oktober 2022

Tanggal Revisi

 

Tanggal Efektif

21 Oktober 2022.

 

 

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Peminjaman Barang Inventaris Masjid Al-Hijrah

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

SEKRETARIS

PEMINJAM

1

Peminjam :

a.     Konfirmasi  mengenai barang/alat yang akan di pinjam

 

b.    Mengajukan surat permohonan peminjaman barang/alat kepada Sekretaris

 

c.Menerima  barang/alat  dan form bukti peminjaman barang dari ketua pelaksana harian masjid

 

d.    Mengembalikan barang/alat sesuai dengan waktu dan tanggal

 

 

2

Sekretaris :

a.    Menerima surat permohonan peminjaman barang/alat dari peminjam

 

b.    Mengecek keberadaan barang/alat untuk memastikan bahwa barang/alat tidak dipergunakan pada hari yang sama

 

c.    Membuat dan menandatangani form bukti peminjaman barang / alat rangkap 2 (dua) dengan perincian sebagai berikut :

Hari/tanggal/jam penggunaan

-    Penangung jawab

-    Kewajiban Mengembalikan

 

d.          Menyerahkan barang/alat dan copy form bukti peminjaman barang  kepada peminjam

 

e.          Mengadministrasikan surat permohonan dan form bukti peminjaman

 

f.     Menerima pengembalian barang/alat dari peminjam

                             

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nomor SOP

 06/DNR-SOP/IX/2022

Tanggal Pembuatan

01  Oktober 2022

Tanggal Revisi

 

Tanggal Efektif

21 Oktober 2022.

 

 

 

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Pemberian Bantuan Untuk Kegiatan Sosial  

 

 

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

BIDANG SOSIAL

BENDAHARA

KETUA

MUSTAHIQ

1.

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

5

Mustahiq :

Menyampaikan pengajuan permohonan bantuan dana kepada Ketua DKM

 

Bidang Sosial :

a.  Menerima dan memverifikasi proposal atau permohonan bantuan dana

 

b.  Menyampaikan nota pertimbangan  dan usulan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana

 

Ketua

 

a.Menerima nota pertimbangan persetujuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana dari ketua DKM, sekretaris dan bendahara masjid

 

b. Menetapkan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan atas musyawarah dengan Sekretaris dan Bendahara

Sekretaris :

a. Menerima dan memverifikasi proposal atau permohonan bantuan dana

 

b. Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada bendahara

Bendahara :

a.  Menerima nota pertimbangan persetujuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana dari Ketua  dan sekretaris

 

b.  Menyampaikan nota pertimbangan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana kepada ka Bidang Sosial

c.  Menerima penetapan persetujuan dan besaran bantuan terhadap proposal atau permohonan bantuan dana  dari ka Bidang Sosial

 

d.  Menyampaikan uang bantuan kepada pihak yang mengajukan permohonan bantuan/proposal                                                                          

 

 

 

 

 

 

 



 

Nomor SOP

 10/MA-L3/X/2022

 

 

Tanggal Pembuatan

1  Oktober 2022

 

 

Tanggal Revisi

 

 

 

Tanggal Efektif

21 Oktober 2022.

 

Standar Operasional Prosedur / Standard Operating Procedures (SOP)

Marbot Masjid Al-Hijrah

 

 

 

NO

URAIAN KEGIATAN

ANWAR

JATSY

1

Tugas :

Menjaga waktu shalat dan mengumandangkan azan dan iqamah pada setiap waktu shalat fardhu

Sebagai Imam shalat.

Membantu pelaksanaan ibadah shalat, zakat, qurban, dan santunan anak yatim & dhuafa

 

Membersihkan tempat pelaksanaan sholat (termasuk menyedot debu) setiap hari jum’at atau saat terlihat kotor.

 

Membersihkan tempat wudhu setiap 2 hari sekali atau saat terlihat kotor.

 

Membersihkan kamar kecil (WC) setiap hari atau saat terlihat kotor.

 

Membersihkan dinding masjid, halaman masjid saat terlihat kotor.

 

Merawat kolam ikan dan memberikan makan ikan secara teratur

 

Menjaga kebersihan dan kerapihan masjid setiap saat.

Menjaga dan merawat perlengkapan / inventaris Masjid agar tetap berfungsi dengan baik

Membantu pelaksanaan ibadah shalat, zakat, qurban, dan santunan anak yatim & dhuafa

Membantu kelancaran kegiatan kegiatan rutin Bapak-Bapak, Ibu-Ibu dan Remaja Masjid di Masjid

 

Membantu persiapan rapat pengurus DKM jika diperlukan.

Wajib menjaga keamanan umum masjid, menjaga ketertiban umum masjid dan menjaga ketertiban parkir di masjid

Mengurusi Usaha Aqua dan Gas

Mengedarkan Kartu Sumbangan setiao bulan dan memastikan kartu diambil Kembali.

 

V

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



V

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Tanggung Jawab :

 

Menginformasikan kepada ketua  DKM atau Sekretaris apabila meninggalkan masjid sampai melewati waktu jatuhnya Shalat Fardhu.

DKM Masjid memberikan toleransi Libur tugas dan kewajiban paling lana 10 hari.

 

Toleransi untuk meninggalkan Masjid 2 hari atau 10 kali waktu shalat fardhu ,apabila ada musibah terhadap saudara kandung atau saudara ayah atau ibu

 

Cuti atau Izin tidak di masjid harus diatur. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ambulance Gratis

  DKM Al-Hijrah bekerjasama dengan RS Dhia (perapatan Duren, MC.D) program Ambulance Gratis untuk jamaah masjid Al-Hijrah dan warga vila cen...